Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Renovasi Rumah Bangunan Minimalis

Menempati sebuah bangunan, baik untuk hunian maupun aktivitas kerja dalam waktu relatif lama, akan mendatangkan banyak ide. Salah satunya adalah berupaya untuk merubah atau memodifikasi desainnya.

Proses merubah atau memodifikasi desain bangunan ini biasanya disebut dengan renovasi atau, dalam dunia pertukangan, sering disebut dengan rehab. Jadi, pengertian rehab dalam dunia bangunan dapat disimpulkan bahwa:

Konsep renovasi rumah merupakan proses merubah dengan menambah atau mengurangi bagian rumah dengan tujuan untuk memperbaki rumah yang terdiri dari proyek dalam meningkatkan interior dan eksteriornya.

Interior sendiri dapat diartikan sebagai bagian dalam bangunan dan pernak-perniknya. Sedangkan ekterior merupakan bagian luar rumah beserta aksesorisnya.

Motif Melakukan Renovasi

Ada beberapa faktor dan motivasi bagi seseorang melakukan renovasi rumah, diantaranya:

  1. Ketersediaan biaya untuk merenovasi rumah;
  2. Kondisi rumah yang sudah tidak layak, sehingga menuntut pemilik rumah untuk memperbaiki bangunannya;
  3. Ketidaknyamanan bangunan yang ditempati, biasanya disebabkan karena bentuk bangunan yang tidak sesuai;
  4. Pengguna memiliki tujuan lain terhadap bangunan

Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan serta keberanian untuk merenovasi rumah atau bangunan yang dimilikinya. Faktor finansial atau ketersediaan biaya yang menjadi pengaruh besar bagi seseorang untuk melakukan renovasi rumah atau bangunan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami memposting artikel berupa tips renovasi rumah atau bangunan.

Tips Renovasi Rumah atau Bangunan

Sesuai konteks judul, untuk melakukan renaovasi rumah atau bangunan minimalis, maka perlu dilakukan beberapa upaya meminimalisir pembiayaan dengan tetap memperhatikan unsur kualitas agar hasilnya maksimal. Beberapa tips yang dapat dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Pembiayaan Renovasi Rumah dan Bangunan

Pembiayaan merupakan faktor utama dalam melakukan renovasi rumah dan bangunan. Oleh karena itu, ketersediaan pembiayaan dapat mempengaruhi semua aspek dalam proses renovasi baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Meski menjadi faktor utama, namun biaya belum tentu menjadi masalah utama dalam renovasi rumah dan bangunan. Kita dapat mengantisipasinya dengan melakukan investasi atau menabung terlebih dahulu sebelum mengeksekusi rehab rumah.

Pembiayaan Renovasi Rumah dan Bangunan

Selain investasi dan menabung, kita juga dapat melakukan pinjaman kepada lembaga keuangan, seperti bank. Namun dengan catatan mempertimbangkan kemampuan finansial, sehingga tidak menimbulkan masalah baru setelah proses renovasi rumah dan bangunan.

2. Perhitungkan Desain Bangunan dengan Kemampuan Finansial

Menghitung desain bangunan dengan kemampuan finansial bisa dilakukan dengan mempelajari metode dan trik tertentu. Bagi orang awam, mungkin butuh waktu untuk mempelajarinya. Namun bagi yang sudah berkecimpung dengan mempersiapkan atau mempelajarinya, akan terasa tidak sesulit bayangan.

Sesuaikan Desain Rumah dengan Budget

Namun, pada initinya desain bangunan akan berbanding lurus dengan kemampuan finansial. Sehingga tidak disarankan menggunakan atau menerapkan desain melampaui ekspektasi dari kemampuan keuangan.

3. Sesuaikan Material Bangunan dengan Budget

Selain desain, penerapan di lapangan juga harus menyesuaikan kemampuan finansial. Jangan memilih bahan atau material high class untuk diterapkan pada semua material bangunan, jika kemampuan finansialnya tidak menjangkau.

Menggunakan Material Bangunan Sesuai dengan Kebutuhan

Jika memungkinkan, Anda bisa memilih bahan yang bersifat high class dengna kualitas premium bagi material utama dan menggunakan yang medium dengan kualitas sedang untuk material pendukungnya. 

4. Tentukan Tukang dan Pekerja dengan Perjanjian yang Jelas

Faktor penting penentu lainnya adalah pemilihan tukang serta pekerja dalam proses renovasi rumah dan bangunan. Tukang ini yang nantinya akan memvisualisasikan desain dalam bentuk riil bangunan. Sedangkan kernet, merupakan unsur pendukung bagi tukang dalam proses penerapan desain.

Tukang dan pekerja bangunan biasanya dapat dilakukan secara paket atau berpasangan. Namun, terkadang juga, untuk pertimbangan lain, dapat dipasangkan oleh pemilik rumah atau bangunan yang direhab.

Menentukan Tukang dan Pekerja Bangunan dengan Pejanjian yang Jelas

Di setiap daerah, tukang dan pekerja bangunan memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, perlu dilakukan perjanjian terlebih dahulu antara pemilik bangunan dan tukang serta pekerja sebelum memulai renovais rumah.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menentukan tukang dan pekerja bangungan:

  • Tentukan metode pembayaran, apakah mau menggunkan sistem harian atau borongan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan;
  • Tentukan waktu kerja, termasuk libur bagi tukang serta pekerja bangunan.
Tips menentukan tukang dan pekerja akan diberikan lebih lanjut pada artikel berikutnya.

5. Konsultasikan dengan Orang Terdekat yang Mampu dan mau Membantu

Anda bisa melakukan konsultasi dengan keluarga ataupun teman mengenai rencana melakukan renovasi rumah atau bangunan agar mendapat masukan yang bersifat positif. Di sini, Anda juga dapat berkonsultasi sekaligus mencari informasi mengenai biaya, desain, penentuan tukang dan pekerja bangunan.

Konsultasikan renovasi rumah bersama keluarga dan teman

Jika mendapat moment yang tepat berkosultasi dengan orang terdekat, bisa jadi pihak yang Anda jadikan sebagai konsultan pribadi berkenan memberikan banyak bantuan.

6. Serahkan Pada Jasa Renovasi Rumah Terpercaya

Jika Anda sibuk dengan pekerjaan dan tidak punya waktu untuk mengerjakan sendiri aktivitas renovasi rumah, percayakan semua poin dari nomor dua sampai dengan lima kepada developer yang handal. Anda bisa mencari informasi mengenai jasa renovasi rumah dan bangunan di sekitar tempat tinggal agar mudah berkoordinasi.

Jasa Rehab Rumah

Menyerahkan renovasi kepada developer sebagai penyedia jasa dapat meringankan tugas Anda. Bahkan, jika berniat melakukan kredit pembiayaan renovasi, sebagian developer dapat membantu untuk mendapatkan bank yang tepat.

Anda bisa mengunjungi artikel kami di Jasa Renovasi Rumah dan Bangunan untuk berkonsultasi dan mendapatkan bantuan rehab.

Penuntup

Jangan khawatir saat memiliki rencana untuk melakukan renovasi atau rehab rumah dan bangunan lainnya. Karena sekarang banyak alternatif atau pilihan dalam menentukan bahan dan metode yang ditawarkan sebagai solusi.

Apabila masih ragu dan bingung untuk memulai renovasi rumha atau bangunan lain, kami siap membatu. Silahkan menghubungi kami kontak di nomor 08999410210 melalui SMS Telgram / Telepon / Whatsap atau klik tombol berikut ini:

Hubungi WA

Jika memiliki pertanyaan atau tambahan materi, Anda juga bisa memberi masukan melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih sudah berkunjung, sukses untuk kita semua...