Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Perumahan Bersubsidi Secara Online

Kebutuhan masyarakat untuk memiliki rumah sebagai kebutuhan primer dengan harga terjangkau setiap tahunnya terus meningkat. Mengatasi tingginya permintaan tersebut, pemerintah memberikan pembiayaan rumah bersubsidi, salah satunya melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Berupaya membantu akses informasi mengenai rumah bersubsidi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyediakan tiga layanan secara online atau daring. Ketiganya dapat dimanfaatkan untuk mengecek informasi mengenai rumah subsidi, harga, lokasi perumahan, nama dan alamat pengembang, bahkan hingga transaksi pembeliannya.

Website maupu aplikasi informasi rumah bersubsidi dapat diakses melalui internet menggunakan komputer maupun smartphone. Simak tiga aplikasi penting bagi agen properti dan pencari rumah bersubsidi berikut ini.

1. Website Resmi Kementerian PUPR

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi mengenai rumah bersubsidi dapat mengakses website resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesi (PUPR) dengan alamat http://rumahsubsidi.pu.go.id/.

Website Resmi Kementerian PUPR Situs Informasi Rumah Subsidi

Situs website resmi Kementerian PUPR ini menyediakan informasi mengenai ketersediaan rumah subsidi di seluruh provinsi Indonesia. Beberapa informasi yang tersedia diantaranya:

  • lokasi rumah subsidi,
  • data luas bangunan,
  • jumlah kamar,
  • luas tanah,
  • tipe rumah,
  • nama pengembang.

Bukan hanya konsumen yang dapat mengkases halaman website ini, para developer atau pengembang juga bisa menjadi user untuk memasukkan data perumahan bersubsidinya.

Cara Mengkases Website Resmi kementerian PUPR

Cara mendapatkan informasi mengenai rumah bersubsidi melalui website resmi Kementerian PUPR dapat dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu:

  1. Kunjungi alamat website rumahsubsidi.pu.go.id
  2. Masukkan kategori data perumahan subsidi yang hendak dicari, terutama lokasi provinsi dan kabupaten/kota, di kolom yang sudah tersedia
  3. Selain lokasi provinsi dan kabupaten/kota, anda juga dapat menambahkan data perumahan bersubsidi yang lebih spesifik, diantaranya jumlah kamar tidur dan kamar mandi, luas tanah, tipe rumah, serta rentang harga dari 0 sampai dengan 900 juta
  4. Klik tombol "Search".

2. Situs Website SiKumbang

Selain situs website resmi Kementerian PUPR, pemerintah juga menyediakan informasi rumah subsidi lain melalui Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) yang dapat diakses di https://sikumbang.ppdpp.id.

SiKumbang dikelola oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR dan dikembangkan untuk pendataan perumahan bersubsidi maupun tidak.

SiKumbang Website Informasi Rumah Subsidi

Secara garis besar, informasi rumah bersubsidi pada web SiKumbang dikategorikan dalam empat kriteria, yaitu:

  • Wilayah Lokasi
  • Data Lokasi
  • ID Lokasi
  • ID Rumah

Website SiKumbang terintegrasi dengan Aplikasi SiKasep yang menyediakan juga identitas developer atau pengembang perumahannya.

Cara Mengakses Website Sikumbang

Manfaatkan website SiKumbang untuk mendapatkan informasi mengenai rumah bersubsidi di seluruh wilayah Indonesia dengan cara:

  1. Buka halaman website dengan alamat url: https://sikumbang.ppdpp.id/
  2. Pada laman awal akan disediakan empat kriteria pencarian, yaitu berdasarkan Wilayah Lokasi, Data Lokasi, ID Lokasi, dan ID Rumah.
    • Jika akan melakukan pencarian berdasar Wilayah Lokasi, maka akan muncul opsi seperti pilih lokasi, pilih provinsi, pilih kecamatan, pilih kabupaten/kota, dan pilih asosiasi. Kemudian klik tombol "Cari".
    • Jika akan melakukan pencarian berdasar Data Lokasi, maka bisa mencari berdasarkan Nama Perusahaan, Nama Pengembang, NPWP Pengembang, dan masukkan kata kunci sesuai dengan pilihannya. Kemudian klik tombol "Cari".
    • Jika akan melakukan pencarian berdasar ID Lokasi, masukkan ID kemudian klik tombol "Cari".
    • Jika akan melakukan pencarian berdasar ID Rumah, masukkan ID kemudian klik tombol "Cari".
  3. Setelah tombol "Cari" diklik, akan memperlihatkan hasil pencarian yang menyajikan lokasi perumahan, unit subsidi tersedia, unit komersial tersedia, kebutuhan unit rumah, serta jumlah unit rumah yang diinginkan.
Website SiKumbang juga menyediakan informasi detail rumah dengan mengeklik “lihat detail lokasi”. Informasi detail rumah yang dapat diakses diantaranya foto hingga spesifikasinya, serta info alamat dan kontak Kantor Pemasaran Pengembang.

3. Aplikasi Sikasep

Pilihan lain untuk mengecek rumah bersubsidi secara online adalah menggunakan Aplikasi SiKasep. Jika dua cara sebelumnya menggunakan website resmi Kementerian PUPR dan SiKumbang, kali ini untuk mendapat mengakses informasi terkait rumah subsidi Anda bisa melalui aplikasi Sikasep.

Bukan hanya informasi mengenai kelengkapan rumah subsidi yang masih tersedia, melalui aplikasi SiKasep, Anda juga bisa menikmati fasilitas lain terkait pengajuan pinjaman KPR bersubsidi.

SiKasep Aplikasi Rumah Subsidi

Sebelum menggunakan aplikasi SiKasep, Anda harus mengunduhnya atau melakukan download melalui Playstore dan memiliki akun. Berikut caranya.

  1. Daftar sebagai pengguna Sikasep Klik menu daftar pada halaman awal aplikasi Masukkan nama lengkap sesuai KTP Masukkan kata sandi Masukkan nomor KTP Masukkan nomor NPWP (apabila belum mempunyai dapat dikosongkan terlebih dahulu) Masukkan penghasilan per bulan Anda berupa angka, tanpa menambahkan tanda titik atau koma Masukkan nomor telepon Centang kotak syarat dan ketentuan setelah membacanya Klik tombol lanjut.
  2. Unggah swafoto pengguna dan KTP Lakukan swafoto (selfie) dengan memegang KTP, kemudian unggah hasilnya. Setelah berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi "Selamat Anda sudah berhasil registrasi. Silakan melakukan login".
  3. Login Setelah selesai melakukan proses pendaftaran sebagai pengguna Sikasep, lakukan login untuk mengakses fasilitas di aplikasi ini, dengan memasukkan nomor KTP dan kata sandi yang telah didaftarkan, lalu klik pada tombol masuk. Baca juga: Tak Biasa, Rumah Subsidi Rp 150 Juta Ini Bergaya Arsitektur Negeri Sakura
  4. Fitur di menu tampilan awal Sikasep Setelah login, aplikasi akan menampilkan menu tampilan awal berupa menu utama, meliputi: Lokasi rumah idaman Perumahan sekitar rumah idaman Pilih Bank KPR FLPPC Cek Status Pengajuan KPR Lain-lain Galeri Rumah Sejahtera FLPP Kalkulator KPR Sejahtera FLPP Syarat dan Ketentuan Tata Cara Penggunaan Aplikasi Kontak Keluar
  5. Cari lokasi rumah Setelah itu, pengguna dapat mencari lokasi rumah subsidi dengan memilih rumah yang diinginkan.
  6. Bank KPR Masyarakat juga dapat memilih bank KPR FLPP dan mengecek status pengajuan KPR melalui aplikasi ini.
Jika Anda mencari rumah bersubsidi di wilayah Kabupaten Tegal, Anda bisa mencoba kunjungi katalog Produk di website kami. Selamat berselancar, semoga sukses...